News Update :
Home » , , » Cara Kerja Idling Stop System (ISS) pada honda vario 125

Cara Kerja Idling Stop System (ISS) pada honda vario 125

Penulis : Joko Susilo on Thursday, May 23, 2013 | 4:40 PM

Cara Kerja Idling Stop System (ISS) Pada Vario 125

Idling Stop System Vario 125 CBS ISS


Idling Stop System(ISS)merupakan teknologi otomotif yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis ketika kita berhenti singkat lebih dari 3 detik. Fitur baru ini ditambahkan pada Vario 125 CBS ISS sebagai salah satu cara untuk mengurangi konsumsi bahan bakar bagi pengendara sepeda motor.
Beberapa syarat agar Idling stop system ini dapat bekerja, yaitu:
1.Posisi Idling stop switch berada dalam posisi Idle Stop agar kita bisa mengatur apakah ISS dipergunakan atau tidak.

2.Suhu pendinginan mesin harus berada di atas 60 oC agar saat kita memanaskan mesin,mesin tidak mati.
3.Sepeda motor minimal telah berjalan dengan kecepatan 10 km/jam
4.Throttle dalam kondisi tertutup penuh
5.Sepeda Motor berhenti setidaknya 3 detik

Berikut adalah cara kerjanya.

Dalam ISS yang sangat berperan utama dalam system ini adalah ECM dimana system akan mengatur kerja mesin terutama yang berhubungan dengan Idling Stop. Jika posisi Idling Stop Switch berada dalam posisi Idling Stop maka lampu hijau dengan huruf “A” akan menyala sebagai indikator bahwa Idling Stop sedang dalam keadaan standby.





Kemudian jika kita menjalankan sepeda motor maka sensor-sensor yang ada akan bekerja dan memberi tahu ECM untuk mengaktifkan Fitur Idling Stop dengan syarat-syarat yang telah ditulis di atas, yaitu temperatur Sensor (ECT Sensor), Sensor Kecepatan (V Sensor), dan Throttle Position Sensor (TP Sensor). Apabila syarat-syaratnya sudah terpenuhi, yaitu kecepatan lebih dari 10 km/jam, suhu lebih dari 60 oC dan Throttle dalam
posisi terbuka, maka ECM yang menerima sinyal dari sensor-sensor yang ada akan mengaktifkan idling stop system.Jika Idling Stop sudah aktif , maka apabila kita berhenti dengan waktu minimal 3 detik, maka ECM akan memerintahkan mesin untuk berhenti bekerja dan saat mesin mati ini Lampu Indikator akan berkedip sebagai tanda bahwa Idling Stop sedang aktif dan digunakan. Kemudian saat throttle kembali kita buka, Sensor TP (Throttle Position) akan memberikan sinyal ke ECM untuk memerintahkan altenator yang dalam vario 125 juga berfungsi sebagai motor starter untuk kembali menghidupkan mesin sehingga kita tidak perlu menekan tombol starter kembali ketika akan melaju.
Demikian cara kerja singkat dari teknologi baru honda vario 125 ISS. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda
Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger