News Update :
Home » » blackberry vs android

blackberry vs android

Penulis : Joko Susilo on Saturday, May 4, 2013 | 9:14 AM



Blackberry vs Android

 


Dua raksasa Android dan BlackBerry yang makin gencar merajai pasar smartphone. Manakah yang terbaik?

BlackBerry


Kelebihan
Dari segi ketahanan baterai. Salah satu dari kelebihan Blackberry adalah daya tahan baterai yang bisa diandalkan. Jika Anda senang online seperti akses FB, YM, WhatsApp ataupun BBM dan Browsing maka daya tahan  baterai Blackberry bisa diandalkan untuk mendukung kegiatan Anda tersebut.

Dari segi feature BackBerry memiliki push email dan BlackBarry Massager yang sudah sangat digemari orang-orang yang suka gaul, meskipun Android juga punya aplikasi sejenis seperti LiveProfile atau WhatsApp Messeger tapi BBM jauh lebih populer dan dianggap gaya, dan katanya tingkat security nya pun lebih baik karena memliliki server yang dikelola sendiri. Salah satu aplikasi unggulan BlackBerry yaitu BBM atau Blackberry Messenger, bisa dikatakan bahwa BBM di Blackberry merupakan daya tarik sendiri, dan terkadang karena faktor BBM ini banyak dari kita yang membeli Blackberry. BBM hanya tersedia khusus untuk Blackberry tidak tersedia untuk ponsel lain.

Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS, membantu foto2 yang kita ambil berisi informasi lokasi foto diambil, bisa dibuat teka-teki, kemana rekan kita berada dengan mengecheck lokasi GPS melalui informasi Geotagnya.

Akses multimedia Foto, Video, Gambar, dll yang cepat dan mudah

Kirim kirim E-mail semudah mengirim SMS, dan yang asyiknya semua e-mail masuk dapat di teruskan langsung dan di tampilkan di ponsel


Pilihan Blackberry yang lebih beragam. Saat ini Blackberry tersedia dalam berbagai pilihan yang cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Bila Anda senang Blackberry dengan keyboard QWERTY dan layar Anda bisa mendapatkan di Blackberry Bold 9900 Dakota, Ingin Blackberry dengan slider bisa mencoba Blackberry Torch 9810 bahkan bila Anda ingin Blackberry dengan layar sentuh, layar besar tanpa keyboard Anda bisa mendapatkannya di Blackberry Torch 9860.

Faktor harga yang lebih stabil, tak bisa dipungkiri pasaran Blackberry terbilang stabil, alias penurunan harganya tidak terlalu tajam. Meski kini RIM gencar mengeluarkan Blackberry Model Terbaru, tapi tetap saja Blackberry model lama seperti Gemini atau Javelin, masih memiliki harga yang cukup tinggi, bahkan harga secondnya juga bisa terbilang bagus.


Kelemahan
Kelemahan Blackberry yang terpenting adalah Blackberry  baru bisa berfungsi secara utuh setelah kita berlangganan paket Blackberry. So, di Blackberry kita tidak bisa pakai paket internet biasa, tapi harus khusus paket Blackberry.
Pada blackberry qwerty,spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik HANYA dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.

Seluruh 3rd party software terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak software 3rd party yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).

Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.

browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi, bagi yang ingin menggunakan klikbca.com misalnya, harus menggunakan 3rd party software MiniOpera untuk mengatasi masalah ini.

OSnya masih tertutup (bukan Open Source)


Android

 


Android adalah OS keluaran dari google.
Kelebihan
Game dan Aplikasi Android yang banyak tersedia di Google Play Store. Anda bisa mendapatkan berbagai macam game dan Aplikasi dari yang gratis sampai yang berbayar lewat Google Play Store.

Pilihan ponsel yang lebih beragam dari berbagai vendor. Anda bisa mendapatkan ponsel Android dari Sony Ericsson, Motorola, HTC, Samsung dan bahkan merek-merek lain seperti Asus, LG ataupun Acer. Sehingga lebih banyak cita rasa yang bisa Anda pilih dan nikmati.

Paket Internet yang bebas tanpa perlu berlangganan. Di Android kita menggunakan Paket Internet apapun, dan bahkan tanpa berlangganan paket internet pun, kita masih bisa menggunakan ponsel Android secara utuh dan penuh alias full akses.

Root Android– inilah yang bisa menjadikan sebuah alasan kenapa harus memilih Android, karena kita bisa dengan mudah melakukan rooting, sehingga kita memiliki hak akses penuh terhadap ponsel Android milik kita. Kita bisa install costum room dan merubah total tampilan dari ponsel Android kita.

Android berbasis open sources yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan banyak applikasi yang diperlukan oleh para penggunanya termasuk game-game menarik yang setiap saat bisa di download dari Google Play.

Multitasking, Yosh! Ponsel Android bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, Jadi anda bisa browsing, SMS-an, sambil dengerin lagu

Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun

Mendukung semua layanan Google.

Fasilitas penuh USB. Pengguna bisa mengisi baterai, mass storage, diskdrive, dan USS tethering.

Kekeurangan

Daya Tahan Baterai, inilah salah satu kelemahan dari ponsel Android yakni daya tahan baterai yang terbilang cukup cepat sekali habis karena banyak sekali proses yang berjalan dibelakang layar. Apalagi jika Anda menggunakan ponsel Android untuk bermain game dan online, maka daya tahan baterai Android pasti cepat sekali habis.

Terhubung dengan internet. Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah pengguna agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan.Jadi jangan coba-coba punya HP android tapi gak punya paket internet unlimited, siap -siap aja pulsa anda melayang. Untuk mengatasinya hanya ada 1 yaitu matikan GPRS android anda.

lklan. Terkadang, aplikasi yang di download secara gratis dan mudah akan terpampang iklan di dalam aplikasi tersebut. Secara tampilan memang tidak menggangu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada dibagian atas atau bawah aplikasi.

Boros penggunaan data karena begitu online komunikasi data akan akan berjalan terus.kadang ada iklan yang masuk.

Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik pengguna. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI.

Android Market gak 100% aman!, masih terdapat malware. Walaupun sekarang sudah ada fasilitas scannya terlebih dahulu secara online


Inilah yang bisa saya share. Bisa buat pertimbangan bagi kalian yang akan membeli smartphone baru.
Semoga bermanfaat.


                    http://ut2a-4down.blogspot.com
                    http://www.putrifauziah.com





Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger